Ambush Marketing Merek Makanan Dalam Paris Fashion Week 2022 Dan Respon User Melalui Instagram
Isi Artikel Utama
Abstrak
Paris Fashion Week menjadi perbincangan masyarakat pada bulan Maret 2022, banyak merek lokal menginformasikan dirinya dalam acara tersebut. Geprek Bensu menjadi salah satu merek makanan yang turut serta dan melakukan kampanye di Instagram, namun ternyata Geprek Bensu tidak terdaftar sebagai peserta tersebut. Hal ini memicu pro kontra di media sosial, karena dianggap melakukan ambush marketing, yaitu strategi pemasaran dengan menunggangi euforia acara tanpa izin resmi. Penelitian ini menganalisis konten Instagaram Geprek Bensu untuk mengetahui karakteristik ambush marketing yang digunakan serta melihat respon user. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan 30 post instagram Geprek Bensu. Melalui penelitian ini ditemukan Geprek Bensu menggunakan 3 jenis ambush marketing (direct, indirect dan insidental) sedangkan untuk respon user cenderung negatif berupa kritik dan kekecewaan user terhadap kebohongan yang dilakukan. Kendati demikian Geprek Bensu dapat dikatakan berhasil dalam menarik perhatian user karena dengan penyergapan yang dilakukan membuat user berkunjung ke Instagramnya dan menjadi topik pembicaraan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal IPTEK-KOM menggunakan kebijakan akses terbuka. Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Ahlgren, M. 2023. 40+ Statistik, Fakta & Tren Instagram Untuk 2023. https://www.websiterating.com/id/research/instagram-statistics/#references.
Ayu, R. M. 2023. DataIndonesia.id: Pengguna Instagram di RI Capai 106,72 Juta hingga Februari 2023. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-di-ri-capai-10672-juta-hingga-februari-2023.
Banindro, Baskoro S., Rochman, M. Faizal and Soenarto, Lintang, A.H. 2022. Desain Sosial Brand Activation Komunitas Ciliwung Condet Melalui Media Virtual. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi) Vol. 24, No. 1, Juni 2022: 67 - 83. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.1.2022.67-83.
Burton, N. 2019. Exploring User Sentiment Towards Sponsorship And Ambush Marketing. Emerald, 583-602.
Burton, N. and Bradish, C. 2018. “Commercial Rights Management In A Post-Legislative Environment”, Sport, Business and Management: An International Journal, Vol. 9 No. 2, 201-220.
Burton,N.and McClean, C. 2021. “Exploring Newsjacking As Social Media–Based Ambush Marketing”, Sport, Business and Management, Vol. 11 No. 2, 143-163.
Careless, E.J. 2015. Perspectives in AE- “Typing Back”: Social Media as Space for Critical Discourse. New Horizons in Adult Education & Human Resource Development. Vol. 27 No.3, 50-55.
Carah, N., Brown, M. G. and Hickman, S. 2022. Optimizing Looking and Buying on Instagram: Tracing the Platformization of Advertising and Retail on Mobile Social Media. Television and New Media. https://doi.org/10.1177/15274764221123033.
Chadwick, B. 2009. Ambush Marketing In Sport: An Analysis Of Sponsorship Protection Means And Counter-Ambush Measures. Journal of Sponsorship, 303-315.
Chadwick, S. and Burton, N. 2011. “The Evolving Sophistication Of Ambush Marketing: A Typology Of Strategies”. Thunderbird International Business Review, Vol. 53 No. 6, 709-719.
Chinasa, E. 2022. Ambush Marketing Strategy and Marketing Success of Fast- Food Firms in Port Harcourt, Vol. 5 No.3, 125–133.
Creswell, John W. 2017. Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Damaledo, Y. D. 2022. Klarifikasi Gekrafs Soal Brand Indonesia di Paris Fashion Week 2022. https://tirto.id/klarifikasi-gekrafs-soal-brand-indonesia-di-paris-fashion-week-2022-gpF2.
Indonesia, C. 2022. Beda Paris Fashion Week dan Paris Fashion Show. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220308161037-277-768358/beda-paris-fashionweek-dan-paris-fashion-show-2022.
Indonesia, G. B. 2022. https://geprekbensuindonesia.com/tentang-kami/
Jagodic, Tone, et.al. 2019. The Legal Aspects of Ambush Marketing. Zbornik radova Pravnog fakulteta u Splitu, god. 56, 2/2019, str. 271.- 284.
Keller, K.L. 2020. Consumer Research Insights on Brands and Branding: A JCR Curation. Journal of Consumer Research, Vol.46, No.5, 995-1001.
Kotler, Philip dan Keller.2009. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks: Jakarta.
Krippendoff, K. 2004. Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. United States of America: Sage Publication.
Lin Y.H, Chen Y.C & Chou Y.L. 2020. Effect of Ambush Marketing on Attitude and Purchase Intention in the Social Media Context: Misidentification and Identification. European Sport Management Quarterly.
Marzocchi, G.L., Pizzi, G. and Scarpi, D. 2016. “When A Picture’s Worth A Thousand Words: The Effects Of Visual Construal Priming On Information Acquisition And Choice”, Marketing Letters, Vol. 27, 487-498. https://doi: 10.1007/s11002-015-9365-y.
Nufer, Gerd. 2016. Ambush Marketing in Sports: An attack on sponsorship or innovative marketing?. Sport, Business and Management: An International Journal, Vol.6 No.4, 476-295.
Pramesthi, J. A. 2021. Meaning Transfer Model pada Social Media Influencer. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.19 No.1, 1-18.
Sandberg & Bruin. 2020. Ambush Branding: A reconceptualization of ambush marketing from the ambusher’s perspective. BUSN39 Degree project in Global Marketing, 1-98.
Scott, B. &. 2021. Sponsor and ambush marketing during the 2018 Commonwealth Games on Twitter and Instagram. Emerald, 612-627.
Shimp, T., & Craig, A. 2013. Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications. Cengage Learning.
Singh, B. 2022. Understanding the Role of Social Media Users’ Self-Presentation on Social Media Marketing and Brand Loyalty Relationship.Vision,1-12.
Subagja, Agus D., Ausat, Abu M.A dan Suherlan. 2023. Peran Pemanfaatan dan Inovasi Media Sosial bagi Pengembangan Kinerja UKM. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi) Vol. 24 No. 2, Desembe 2022: 85 - 102. https://doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.85-102.
Triyono, D. 2022. Ambush Marketing dan Konsekuensinya. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol.1 No.5, 1206-1210.
Varela-Neira, C., Dwivedi, Y. K., & Camoiras-Rodriguez, Z. 2022. Social Media Marketing System: Conceptualization, Scale Development And Validation. Internet Research. https://doi.org/10.1108/INTR-06- 2021-0393.
Voorveld, H. A. 2019. Brand Communication in Social Media: A Research. Journal of Advertising, Vol.48 No.1, 14-26. https://doi.org/10.1080/00913367.2019.1588808.