Membentuk Kebiasaan dan Keterlibatan Pengguna E-Government Melalui Pendekatan Model Hooked

Isi Artikel Utama

Aditya Agusta Dwiangga

Abstrak

Keterlibatan masyarakat selaku pengguna layanan publik di Indonesia masih dirasa kurang. Oleh karena itu artikel ilmiah ini akan membahas penerapan model Hooked dari Nir Eyal dalam membentuk kebiasaan dan meningkatkan keterlibatan pengguna khususnya layanan publik digital yang disediakan oleh pemerintah (e-government). Penelitian ini menggunakan metode studi literatur konseptual untuk menganalisis bagaimana setiap elemen model Hooked yang terdiri dari trigger, action, variabel reward, dan investment menjadi dasar dalam merancang layanan digital publik yang dapat membentuk kebiasaan dari pengguna e-government itu sendiri. Aplikasi berbasis web berupa Electronic Customs Declarations (e-CD) yang merupakan inovasi dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dianalisis dengan pendekatan model Hooked untuk pengembangan lebih lanjut demi meningkatkan keterlibatan penumpang dari luar negeri dalam proses pemberitahuan kepabeanan. Temuan menunjukkan bahwa pentingnya kerja sama dengan sektor swasta/bisnis, desain layanan publik digital yang mudah digunakan dan sistem gamifikasi dalam pengembangan e-government lebih lanjut untuk meningkatkan keterlibatan dan penggunaan berulang dari pengguna.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel