Tingkat Penerimaan Program Komunikasi Digital ‘Jelajah Virtual’ Monumen Pers Nasional Pada Masa Pandemi Covid-19

Isi Artikel Utama

Niken Wijaya
Pawito Pawito
Andre Novi Rahmanto

Abstrak

Abstrak - Pada masa awal pandemi covid-19, pemberlakuan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimulai pertengahan Maret 2020, salah satunya mengatur penutupan layanan non-essential termasuk layanan publik pada Monumen Pers Nasional. Kenyamanan interaksi dan komunikasi terganggu karena terputusnya komunikasi langsung dengan pengunjung (publik), termasuk pemanduan museum secara langsung. Tujuan penelitian untuk memberikan pemahaman tentang adopsi komunikasi digital di masa pandemi covid-19 terkhusus mengenai adaptasi penggunaan dan penerimaan teknologi komunikasi Jelajah Virtual di Monumen Pers Nasional. Penelitian ini menggunakan teori model Unified theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) dengan metode penelitian kualitatif interpretif. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Fasilitating Conditions, Hedonis Motivation, Price Value, Habit berkaitan dengan niat penggunaan dan penerimaan dalam adopsi komunikasi digital monumen pers nasional di masa pandemi covid-19. Secara singkat dapat disimpulkan bahwa adopsi komunikasi digital dilakukan dengan adaptasi secara otodidak dengan waktu adaptasi dan penyesuaian yang tidak terlalu lama serta mudah digunakan dan menyenangkan setelah terbiasa.

Rincian Artikel

Bagian
Komunikasi
Biografi Penulis

Niken Wijaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)

Mahasiswi Program Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret

Pawito Pawito, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)

Dosen Program Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret

Andre Novi Rahmanto, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)

Dosen Program Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret

Referensi

Achyarsyah, M., Rubini, R. A., & Hendrayati, H. (2020). Strategi Peningkatan Kunjungan Museum Di Era Covid-19 Melalui Virtual Museum Nasional Indonesia. Image : Jurnal Riset Manajemen, 9(1), 20–33. https://doi.org/10.17509/image.v9i1.25178

Agam, A. R., Winoto, Y., Lies, U., Khadijah, S., Studi, P., Perpustakaan, I., & Padjadjaran, U. (2022). Pemanfaatan Wisata Virtual Tour sebagai Media Komunikasi Digital dalam Penyebaran Komunikasi Digital dalam Penyebaran Informasi di Museum Konferensi Asia Afrika pada Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(1), 23–46. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jiper.v4i1.8714

Amin, K. (2021). Pengalaman Komunikasi dan Adopsi Teknologi Komunikasi dalam Menjalankan Organisasi Mahasiswa selama Pandemi Covid-19. Avant Garde, 9(1), 1. https://doi.org/10.36080/ag.v9i1.1285

Bramantyo, B. D., & Ismail, P. (2021). Digital Tourism Museum Nasional Indonesia Melalui Virtual Tour Di Masa Pandemi Covid-19. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 184–196. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1616

Chrisnatalia, S. G., & Rahadi, D. R. (2020). Komunikasi Digital Pada Pembelajaran Secara Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Bonanza: Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.47896/mb.v1i2.289

Corbin, A. S. and J. (1998). Basics of Qualitative Research: Techniques and Procedures for Developing Grounded Theory, 2ndedn. In Management Learning (Second Edi, Vol. 31, Issue 4). Sage Publications, Inc. https://doi.org/https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/1350507600314007

Creswell, John W. & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among 5 Approaches. Sage Publication, 778.

Dedi Jubaedi, A., Dwiyatno, S., & Sulistiyono. (2020). Implementasi Teknologi Virtual Tour Pada Museum. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 7(2), 70–77. https://doi.org/10.30656/jsii.v7i2.2469

Dionika, B., Irwansyah, I., & Safira, M. (2020). The Acceptance And Use of Digital Public Service: An Influence of Trust and An Application of UTAUT2. https://doi.org/10.4108/eai.9-10-2019.2291112

Dr. Drs. Rulam Achmadi, M. P. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.

Farzin, M., Sadeghi, M., Yahyayi Kharkeshi, F., Ruholahpur, H., & Fattahi, M. (2021). Extending UTAUT2 in M-banking adoption and actual use behavior: Does WOM communication matter? Asian Journal of Economics and Banking, 5(2), 136–157. https://doi.org/10.1108/ajeb-10-2020-0085

Gharaibeh, M. K., Arshad, M. R. M., & Gharaibh, N. K. (2018). Using the UTAUT2 model to determine factors affecting adoption of mobile banking services: A qualitative approach. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 12(4), 123–134. https://doi.org/10.3991/ijim.v12i4.8525

Gharaibeh, N., Gharaibeh, M. K., Gharaibeh, O., & Bdour, W. (2020). Exploring intention to adopt mobile commerce: Integrating UTAUT2 with social media. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 3826–3833. http://www.ijstr.org/final-print/mar2020/Exploring-Intention-To-Adopt-Mobile-Commerce-Integrating-Utaut2-With-Social-Media.pdf

Gutowski, P., & Klos-Adamkiewicz, Z. (2020). Development of e-service virtual museum tours in Poland during the SARS-CoV-2 pandemic. Procedia Computer Science, 176, 2375–2383. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.303

Hamdan Firmansyah, Indra Jaya, Aliyah Fahmi, Yuyun Yunita Puspa, Khairul Fuady, Rahmanita Ginting, Markus Kristian Retu, A. W. (2021). Ilmu Teknologi dan Komunikasi. Media Sains Indonesia.

Ika, L. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengambilan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075

Jayaseelan, R., Kadeswaran, S., & Brindha, M. D. (2020). A Qualitative approach towards adoption of information and communication technolgoy by Medical doctors applying UTAUT model. Journal of Xi’an University of Architecture & Technology, 12(3), 4689–4703.

Kartadinata, F., Waly Yassar, F., & Rizkia, R. (2020). Kualitatif Interpretatif Merleau-Ponty Dalam Fenomena Perkembangan Fashion Remaja Di Indonesia. Journal of Social Science and Politics, 6(2), 80–90. http://ejurnal.stisipolcandradimuka.ac.id/index.php/JurnalPublisitas/

Kemendikbud. (2022). Monumen Pers Nasional. http://cagarbudaya.kemdikbud.go.id/cagarbudaya/detail/PO2015121500015/monumen-pers-nasional.

Kemenkominfo. (2020a). Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang Protokol Pelaksanaan Work From Office (WFO) dan Work From Home (WFH)/Flexible Working Space (FWS) dalam Tatanan Normal Baru bagi Pegawai di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan. https://jdih.kominfo.go.id/produk_hukum/view/id/746/t/surat+edaran+menteri+komunikasi+dan+informatika+nomor+4+tahun+2020

Kemenkominfo. (2020b). Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor 06 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Bekerja dari Rumah/Work From Home (WFH) bagi Seluruh Pegawai di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Dalam Rangka Pencegahan Penye. https://jdih.kominfo.go.id/produk_hukum/view/id/733/t/surat+edaran+sekretaris+jenderal+kementerian+komunikasi+dan+informatika+nomor+06+tahun+2020

Kurniawan, M. K. (2021). “Apa Sih Komunikasi Digital Itu?” Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/mutiarakarinakurniawan1185/6149405e06310e698e4b1342/apa-sih-komunikasi-digital-itu

Malewar, S., & Bajaj, S. (2020). Acceptance of OTT video streaming platforms in India during Covid -19: Extending UTAUT2 with content availability. Journal of Content, Community and Communication, 12, 89–106. https://doi.org/10.31620/JCCC.12.20/09

Meyta Pritandhari, T. R. (2018). Analisis Pembelajaran Monopoli Ekonomi (Monokomi) pada Siswa Boarding School. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 6(5), 613–616. https://doi.org/10.7868/s0869565218050249

Nathaniel, A., & Sannie, A. W. (2020). Analisis Semiotika Makna Kesendirian Pada Lirik Lagu “Ruang Sendiri” Karya Tulus. Semiotika: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 19(2), 41. https://doi.org/10.19184/semiotika.v19i2.10447

Nordhoff, S., Louw, T., Innamaa, S., Lehtonen, E., Beuster, A., Torrao, G., Bjorvatn, A., Kessel, T., Malin, F., Happee, R., & Merat, N. (2020). Using the UTAUT2 model to explain public acceptance of conditionally automated (L3) cars: A questionnaire study among 9,118 car drivers from eight European countries. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 74, 280–297. https://doi.org/10.1016/j.trf.2020.07.015

Pawito, P. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif (Aindoble (ed.)). LKIS Yogyakarta.

Pratiwi, N. I. (2017). (DATA PRIMER SEKUNDER) Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 212. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/219/179

Puspitaningrum, A. A. (2021). Konsep Komunikasi Digital. Unila.Ac.Id. http://web.if.unila.ac.id/adindaayupuspitaningrum/2021/11/17/konsep-komunikasi-digital/

Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. https://www.uin-malang.ac.id/r/110601/metode-pengumpulan-data-penelitian-kualitatif.html

Schweibenz, W. (2019). The virtual museum: an overview of its origins , concepts, and terminology. The Museum Review, Volume 4, Number 1, 4(1), undefined-undefined. https://www.researchgate.net/publication/335241270_The_virtual_museum_an_overview_of_its_origins_concepts_and_terminology

Setiawan, A. A. & J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed.)). CV Jejak (Jejak Publisher).

Sofyan, N. M., & Supratman, L. P. (2022). Pola Komunikasi Keluarga Dengan Anak Usia Pendidikan Sekolah Dasar Yang Aktif Bermain Game Online Free Fire Di Kabupaten Bandung. 9(2), 1102–1106.

Tseng, T. H., Lin, S., Wang, Y. S., & Liu, H. X. (2022). Investigating teachers’ adoption of MOOCs: the perspective of UTAUT2. Interactive Learning Environments, 30(4), 635–650. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1674888

Viswanath Venkatesh, Michael G. Morris, G. B. D. F. D. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward A Unified View. Mis Quarterly, 27(3), 425–478. https://doi.org/10.1201/9780849375477.ch230

Yin, R. K. (2016). Qualitative Research method from start to finish second edition. In A Division of Guilford Publications, Inc. The Guild Ford Press.

Yulianti, Fajar W., Lymbarski C., Murtiadi, Y. B. (2021). Virtual Tour Sebagai Media Komunikasi Digital Dalam Pelayanan Museum. 01, 9–15. https://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/389