Fenomena #STYOut di X: Analisis Jaringan Sosial

Isi Artikel Utama

ariefrachman
Gema Nusantara Bakry
Catur Nugroho

Abstrak

Penelitian ini menganalisis penyebaran informasi terkait kontroversi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia di media sosial menggunakan metode Social Network Analysis (SNA). Tujuannya adalah mengidentifikasi aktor kunci dan pola interaksi pengguna. Temuan menunjukkan akun seperti @idextratime dan @kopex__ memiliki pengaruh signifikan dalam jaringan #STYOut. Identifikasi aktor berpengaruh ini dapat membantu strategi komunikasi dan pemasaran, serta pengambilan keputusan. Penelitian ini juga relevan bagi manajemen tim olahraga dalam memahami dampak reaksi publik terhadap reputasi pelatih. Secara teoritis, penelitian ini mendukung Two-Step Flow Model of Communication, menunjukkan peran pemimpin opini dan cepatnya penyebaran informasi. Kajian ini memberikan wawasan tentang interaksi sosial di media sosial, implikasi bagi manajemen olahraga, dan kontribusi terhadap teori komunikasi di era digital

Rincian Artikel

Bagian
Media Massa

Referensi

Apriadi, Arief. (2024, Maret 28). Bung Towel Minta Shin Tae-yong Kurangi Pencitraan usai Timnas Indonesia Bantai Vietnam, Kenapa?. Retrieved from Suara.com, https://www.suara.com/bola/2024/03/28/154510/bung-towel-minta-shin-tae-yong-kurangi-pencitraan-usai-timnas-indonesia-bantai-vietnam-kenapa

Brades, Ulrik. (2001). A Faster Algorithm for Betweenness Centrality. The Journal of Mathematical Sociology, 25(1), 163-177.

Bratawisnu, Made Kevin & Alamsyah, Andry. (2018). Social Network Analysis Untuk Analisa Interaksi User di Media Sosial Mengenai Bisnis E-Commerce (Studi Kasus: Lazada, Tokopedia dan Elevenia). Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(2). 107-115.

Cheliotis, G., & Yew, J. (2009). An Analysis of the Social Structure of Remix Culture. C&T ’09: Proceedings of the fourth international conference on Communities and technologies. New York: Association for Computing Machinery.

Destriani, Iyakrus & Shabih, Muhammad Ihsan. (2021). Latihan Zig-Zag Terhadap Kelincahan Menggiring Bola pada Atlet Sepak Bola. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga, 6(1),

Dwiyanti, Kadek Trisna & Sari, Martdian Ratna. (2018). Teori Graf dalam Analisis Jejaring Sosial: Hubungan Aktor Utama dengan Pengguna Internal Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 15(1), 21-35.

Eriyanto, E. (2020). Hashtags and Digital Movement of Opinion Mobilization: A Social Network Analysis/SNA Study on #BubarkanKPAI vs #KamiBersamaKPAI Hashtags. Jurnal Komunikasi Indonesia, 8(3).

Ferdiansyah, Muhammad Rizky & Syafii, Imam. (2021). Tingkat Pemahaman Pelatih Sepakbola di Kabupaten Lamongan terhadap Program Latihan Sepakbola. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(9).

Feri., S. (2015). Keajaiban Sosial Media: Fantastis Menumbuhkan Visitor, Circle, Likes, Koneksi, Retweet, dan Follower. (Jakarta ed.). PT Elex Media Komputindo.

Goldberg. Mark, Kelley, Stephen, Magdon-Ismail. Malik, Mertsalov. Konstantin & Wallace, William (Al). (2008). Advances in Social Network Mining and Analysis. Communication Dynamics of Blog Networks, 5498, 36-54.

Hanneman, R.A & Riddle, M. (2005). Introduction to Social Network Methods. Journal of Computer and Communications, 2(4).

Jurnal Indonesia, Redaksi. (2023, Januari 10). Shin Tae-yong Diminta Mundur usai Timnas Indonesia Disingkirkan Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022, Warganet Terbelah. Retrieved from JurnalIndonesia.co, http://jurnalindonesia.co/olahraga/shin-tae-yong-diminta-mundur-usai-timnas-indonesia-disingkirkan-vietnam-di-semifinal-piala-aff-2022-warganet-terbelah/

Nadhifah, Fairuz Hasna & W, Rana Aqila. (2022). Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Pelatih Timnas Indonesia. Jurnal CommLine, 7(2).

Nurshafa, Athifah & Alamsyah, Andry. (2016). Analisis Peringkat Brand pada Jejaring Sosial Percakapan Menggunakan Metode Social Network Analysis (Studi Kasus Brand Alfamart dan Indomaret Pada Media Sosial Twitter Indonesia). E-Proceeding of Management 3(3), 2866.

Pardede, Doan. (2023, Januari 14). STY Out Trending! Terjawab Sudah Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia? Terkuak Keputusan PSSI. Retrieved from TribunKaltim.co, https://kaltim.tribunnews.com/2023/01/14/sty-out-trending-terjawab-sudah-nasib-shin-tae-yong-di-timnas-indonesia-terkuak-keputusan-pssi?page=all

Sulianta, Feri. (2015). Keajaiban Sosial Media: Fantastis Menumbuhkan Visitor, Circle, Likes, Koneksi, Retweet, dan Follower (Jakarta ed.). PT Elex Media Komputindo.

Thurlow, C., Lengel, L., & Tomic, A. (2004). Computer Mediated Communication (1th ed.). London: SAGE Publications.

Tomasoa. Lyonly, Iriani. Ade & Sembiring, Irwan. (2019). Ekstraksi Knowledge tentang Penyebaran #Ratnamiliksiapa pada Jejaring Sosial (Twitter) menggunakan Social Network Analysis (SNA). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(6), 677-686.

Tsvetovat, M., & Kouznetsov, A. (2011). Social Network Analysis for Startups. United States of America: O’Reilly Media.

Umadevi, V. (2013). Case Study - Centrality Measure Analysis On Co-Authorship Network. Journal of Global Research in Computer Science, 4(1).

Wahyudi & Donie. (2019). Motivasi Berprestasi Atlet Sepakbola Jordus FC Kota Batusangkar. Jurnal JPDO: Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 2(1).

Wasserman, S., & Faust, K. (1994). Social Network Analysis: Methods and Applications. Melbourne: Press Syndicate of the University of Cambridge.

Wati, Karisma Ambar. (2021). Hubungan Antara Kejenuhan dengan Motivasi Berprestasi pada Atlet Sepak Bola. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3).

Yendrizal & Wiratama, Pandu. (2019). Pembinaan Sepakbola. Jurnal Performa Olahraga, 4(2).