Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Praktik Jurnalistik dan Aspek Kepercayaan Publik di Solopos Media Group
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kecerdasan buatan semakin berkembang dan berdampak pada sektor media berbasis jurnalistik. Penggunaan kecerdasan buatan dapat mempercepat dan memudahkan jurnalis dalam memproduksi berita. Namun, di sisi lain, publik mempertanyakan kredibilitas produk jurnalistik tersebut yang berakibat pada aspek kepercayaan publik terhadap media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Solopos Media Group menjaga kepercayaan publik di tengah penggunaan teknologi kecerdasan buatan dalam proses jurnalistik yang dilakukan. Peneliti menggunakan konsep kepercayaan publik dan Teori Tanggung Jawab Sosial Pers sebagai pisau analisis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada pihak manajemen radio. Peneliti juga melakukan observasi dan pencarian dokumen terkait untuk memperoleh data yang dapat menjawab permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Solopos Media Group mampu menjaga kepercayaan publik terhadap produk-produk jurnalistik yang mereka hasilkan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal IPTEK-KOM menggunakan kebijakan akses terbuka. Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Arifin, Syifaul. (2025). Penggunaan AI di Newsroom Solopos Media Group. Wawancara.
Chin, C. (2023). Navigating the Risks of Artificial Intelligence on the Digital News Landscape.
Creswell, J. W. (2012). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Edisi ke-3 (A. Fawaid, Ed.; 3rd ed., Vol. 2). Pustaka Pelajar.
Cross, P. (2023). What is Artificial Intelligence?
Diab, K. (2023). What Future for Journalism in The Age of AI? Aljazeera.Com. https://¬www.-aljazeera.¬com/opinions/2023/7/19/what-future-for-journalism-in-the-age-of-ai
Digital News Report 2023. (2023, June 21). Reuters Institute. https://reutersinstitute.-politics.ox.ac.uk/digital-news-report/2023
Digital News Report 2024. (2024, June 17). Reuters Institute. https://reutersinstitute.politics.ox.ac.uk/digital-news-report/2024
Fawzi, N., Steindl, N., Obermaier, M., Prochazka, F., Arlt, D., Blöbaum, B., Dohle, M., Engelke, K. M., Hanitzsch, T., Jackob, N., Jakobs, I., Klawier, T., Post, S., Reinemann, C., Schweiger, W., & Ziegele, M. (2021). Concepts, Causes and Consequences of Trust in News Media—A Literature Review and Framework. Annals of the International Communication Association, 45(2), 154–174.
Gutiérrez-Caneda, Beatriz; Vázquez-Herrero, Jorge; López-García, Xosé (2023). “AI application in Journalism: ChatGPT and The Uses and Risks of an Emergent Technology”. Profesional de la información, v. 32, n. 5, e320514. https://doi.org/10.3145/epi.2023.sep.14
Indonesia, Espos. Pedoman Media Siber. https://www.espos.id/page/code-of-conduct
----------------------. Trust Worthy News. https://www.espos.id/page/trust-worthy-news
Jonathans, E., & Badar, S. (2020). Rahasia Sukses Jurnalistik Radio Siaran (V. Atifah, Ed.). CV Aksarasatu.
Littlejohn, S., & Foss, K. A. (2009). Encyclopedia of Communication Theory.
Nielsen, R. K., & Fletcher R. (2024, June 17). Public Perspectives on Trust in News. https://reutersinstitute.politics.ox.ac.uk/digital-news-report/2024/public-perspectives-trust-news
Omar Safori, A. (2018). Journalist Use of Social Media: Guidelines for Media Organizations. The Journal of Social Sciences Research, Special Issue 5, 772–779. https://doi.org/¬10.32861-/jssr.spi5.772.779
Pers, Dewan. (2012). Pedoman Penggunaan Media Siber. https://dewanpers.or.id/assets/documents/pedoman/1907090253_-2012_PEDOMAN_PEMBERITAAN_MEDIA_SIBER.pdf
Pers, Dewan. (2025). Peraturan Dewan Pers tentang Pedoman Penggunaan Kecerdasar Buatan dalam Karya Jurnalistik. https://dewanpers.or.id/assets/documents/peraturan/2501240214_1-_Peraturan_Dewan_Pers_Pedoman_Penggunaan_Kecerdasan_Buatan.pdf
Prihartono, A. W. (2016). Surat Kabar & Konvergensi Media (Studi Deskriptif Kualitatif Model Konvergensi Media Pada Solopos). Jurnal Channel, 4(1), 105–116.
Putri, R. E. W. (2022). APPLICATION OF NEWSROOM CONVERGENCE IN REGIONAL MEDIA SOLOPOS NEWSROOM. Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(1), 29–42. https://¬doi.org/-10.24167/jkm.v3i1.5346
Ristamadji, H. (2023). Jurnalisme Radio di Era Digital: Masihkah Dibutuhkan? Jurnal Dewan Pers, 26, 36–43.
Russmann, U., & Hess, A. (2020). News Consumption and Trust in Online and Social Media: An In-Depth Qualitative Study of Young Adults in Austria. International Journal of Communication, 14, 3184–3201.
Sadeghi, M., & Arvanitis, L. (2023, May 1). Rise of the Newsbots: AI-Generated News Websites Proliferating Online. NewsGuardTech.Com. https://www.newsguardtech.com/special-reports/newsbots-ai-generated-news-websites-proliferating/
Steele, Janet. (2024, June 17). Digital News Report 2024: Indonesia. https://reutersinstitute.politics.ox.ac.uk/digital-news-report/2024/indonesia
Suryawati, I., & Alam, S. (2022). Transformasi Media Cetak ke Platform Digital (Analisis Mediamorfosis Harian Solopos). Signal, 10(2), 190–219.
Sushmita, C. I., Pawito, P., & Rahmanto, A. N. (2021). Covid-19 and journalism conundrums: a study on dilemmas in content selection. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 5(2), 471–492. https://doi.org/10.25139/jsk.v5i2.2878
Suwarmin. (2016). Dimensi sumber daya manusia dalam konvergensi media (Studi Kasus di Harian Umum Solopos). Universitas Sebelas Maret.
Suwarmin. (2023). Penggunaan ChatGPT di Newsroom Radio Solopos FM. Wawancara.
Urbániková M., & Smejkal K. (2023). Trust and Distrust in Public Service Media: A Case Study from the Czech Republic. Media and Communication 11(4). DOI: 10.17645/mac.v11i4.7053
Wahyuana, Avrilia. (2025). Penggunaan AI di Radio Solopos FM. Wawancara.
Zagorulko, D. I. (2023). Chatgpt In Newsrooms: Adherence of AI-Generated Content to Journalism Standards And Prospects For Its Implementation In Digital Media. “Scientific Notes of V. I. Vernadsky Taurida National University”, Series: “Philology. Journalism,” 2(1), 319–325. https://doi.org/10.32782/2710-4656/2023.1.2/50